Selamat Datang Capra IPDN

Maju Selangkah Lebih Cepat Dalam Persiapan Tes Masuk IPDN 2018 Bersama Kami

Memiliki hidup yang mapan sudah menjadi keinginan setiap individu. Salah satu hal yang perlu untuk dilakukan adalah memilih jalur pendidikan terbaik dan mendapatkan lebih dari sekedar cukup pengetahuan. Di antara begitu banyak institusi pendidikan, IPDN merupakan salah satu yang paling diminati.

Bagaimana tidak? Sekolah yang satu ini adalah sekolah kedinasan yang tidak hanya mempersiapkan materi pengetahuan lisan namun juga menjamin karir dari para siswanya yang disebut sebagai praja.

Menjadi praja IPDN tidaklah mudah. Jumlah mereka yang berminat sangat banyak. Maka tidaklah mengherankan jika IPDN memiliki standar tes yang terbilang tinggi. Ini semata-mata dibutuhkan untuk menjaring calon praja terbaik.

Berdasarkan data dari Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) tahun 2018, jumlah pendaftar pada Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) mencapai 46.062 pelamar dengan jumlah formasi sebanyak 2.000.

Jika Anda tertarik untuk bisa menjadi praja IPDN, maka Anda harus bisa berkomitmen untuk terus belajar dan berusaha demi mengatasi kompetisi ketat di dalam tes IPDN. Tidak ada salahnya, jika Anda memiliki sedikit gambaran mengenai soal-soal tes masuk IPDN.

Persiapan harus segera dilakukan mengingat Tes Seleksi Masuk IPDN untuk tahun 2018 akan segera datang. Persiapan mental dan materi keduanya mutlak untuk dilakukan. Di sini, Anda akan menemukan cara untuk menilik materi tes yang sekiranya akan ditemukan dalam Tes Masuk IPDN 2018.

Tes TKD IPDN

Tes TKD menggunakan sistem CAT merupakan tahapan seleksi kedua setelah tahap seleksi administrasi. Pada tahap seleksi TKD ini banyak pelamar yang tidak lulus karena soal yang muncul sangat bervariasi dan berdasarkan pengalaman kami para pelamar yang gagal karena tidak menguasai Materi Tes TKD.

Sistem Passing Grade diterapkan pada Seleksi Tes TKD IPDN, tetapi walaupun nilai anda memenuhi passing grade maka tidak secara otomatis anda akan lanjut ke tahap tes berikutnya, karena juga seluruh peserta tes akan di rangking lagi.

Jumlah pelamar yang lolos dari Tahapan Seleksi ini juga menjadi faktor penyebab banyaknya Capra IPDN yang gagal. Jumlah maksimal Capra IPDN yang bisa melanjutkan ke tahapan seleksi berikutnya hanya “maksimal 3 x jumlah kuota dari setiap provinsi”. Misalnya provinsi Bali mendapat kuota 15 Praja berarti yang lolos ke tahapan tes selanjutnya adalah maksimal 150 Capra.

Materi Tes TKD

1. Tes Integritas dan Kejujuran

Tes ini ditujukan untuk mengukur tingkat kejujuran yang dimiliki oleh peserta tes. Tes ini sangat penting mengingat praja IPDN merupakan calon pemimpin instansi pemerintah. Tes ini diadakan dengan harapan bisa menjaring praja yang benar-benar jujur dan berintegritas tinggi.

2. Tes Intelegensia Umum

Tes ini juga disebut sebagai tes bakat skolastik atau tes potensi akademik. Ini digunakan untuk mengukur kemampuan intelektual peserta tes sesuai dengan kriteria dari lembaga tertentu. Di dalam tes ini meliputi tes penalaran, numerik dan juga verbal.

3. Tes Karakteristik Pribadi

Tes ini sudah jelas ditujukan untuk mengetahui kepribadian dari calon praja IPDN. Tes ini meliputi berbagai aspek yang berkaitan dengan kepribadian seseorang. Contoh aspek yang akan ditinjau adalah aspek pengendalian diri, efisiensi bekerja, ketekunan, kepercayaan diri dan masih banyak lagi.

4. Tes Wawasan Kebangsaan

Tes ini mencakup pemahaman setiap peserta tes di dalam mengaplikasikan nilai-nilai empat landasan utama bangsa Indonesia yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan juga Negara Kesatuan Repubilk Indonesia.

Dari empat materi tes yang ada di atas, sebagian besar memang terlihat mudah untuk dilakukan. Akan tetapi, Anda harus ingat bahwa persaingan untuk mendapatkan kursi pendidikan di IPDN sangatlah ketat. Bagaimana jika Anda mencoba untuk belajar lebih jauh dan mempersiapkan diri dengan lebih baik? Caranya? Gunakan Softcopy Simulasi Soal Tes IPDN.

Apa Anda tertarik? Bagaimana cara mendapatkan softcopy yang sangat berguna ini? Mudah saja, karena Anda sudah sampai ke halaman website ini. Satu hal yang perlu Anda lakukan adalah memesan Softcopy Soal Tes IPDN dari halaman berikut ini >>> Simulasi Soal Tes IPDN. Anda hanya perlu memesan dan mengirimkan alamat email Anda. Tentu saja Anda juga perlu melunasi biaya pembelian softcopy sebesar Rp.100.000.

Apa yang akan Anda terima di dalam paket softcopy simulasi soal tes IPDN yang Anda pesan ini? Anda akan mendapatkan total 1.035 soal disertai dengan kunci jawaban dan pembahasan lengkap. Dengan mendapatkan softcopy ini, Anda bisa mendapatkan pengertian yang lebih jauh mengenai soal tes yang mungkin akan Anda temui di tes resmi penerimaan praja IPDN tahun 2018.


Dapatkan Softcopy Simulasi Soal Tes IPDN 
Total 1.035 Soal + Kunci Jawaban dan Pembahasannya

Klik Disini Info Lengkapnya