Contoh Simulasi Soal TKD IPDN

 Penerimaan Praja IPDN 2015, Softcopy Soal IPDN

Tes Kompetensi Dasar yang akan diujikan di IPDN terdiri dari 3 materi yaitu:

(Silahkan klik link dibawah untuk penjelasan masing-masing tesnya)

  1. Tes Wawasan Kebangsaan IPDN
  2. Tes Intelegensia Umum IPDN
  3. Tes Karakteristik Pribadi IPDN

Sepintas jika anda melihat soal-soal dari materi tersebut mungkin anda akan berkata anda pasti bisa mengerjakannya. Tetapi perlu anda ingat, saingan anda tidak sedikit dan tentunya mereka juga berusaha mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Meminimalisir kesalahan dalam menjawab soal-soal tersebut adalah mutlak perlu anda lakukan. Persiapan mental dan fisik bisa sangat menentukan dalam tes ini. Apalagi kita ketahui banyak peserta tes harus menempuh berpuluh-puluh kilometer ke lokasi tes TKD. Belum lagi ditambah dengan tekanan yang anda hadapi pada saat tes.

Akhirnya tidak sedikit yang sebelum tes sangat merasa yakin mampu mengerjakan soal-soal tersebut tetapi pada saat tes dia malah tidak bisa fokus dan akhirnya tidak dapat menjawab seluruh soal yang ada. Banyak peserta yang menghabiskan waktu untuk mengerjakan sebuah soal yang sulit padahal seharusnya ini dihindari, jawablah soal-soal yang anda yakin benar.

Untuk ujian TKD berbasis komputer atau yang lebih sering disebut Computer Assisted Test (CAT) biasanya waktunya adalah 90 menit. Dengan sistem komputer, peserta langsung mengerjakan soal ujiannya di layar monitor komputer. Pengoperasiannya cukup mudah dan waktu yang tersisa dalam pengerjaan sudah terpampang jelas di monitor. Soal dengan bentuk pilihan ganda membuat kita cukup menggunakan mouse untuk mengklik pilihan yang benar.

Pada setiap soal ada tombol ‘simpan dan lanjutkan‘ dan ‘lewati soal ini‘. Jika anda merasa yakin maka klik ‘simpan dan lanjutkan‘, sebaliknya jika masih ragu-ragu atau belum tahu jawabannya bisa mengklik ‘lewati soal ini‘.

Jika terpaksa melewati soal maka nanti bisa kembali lagi ke soal itu dan di monitor juga terpampang jelas soal mana saja yang belum dikerjakan sehingga sangat membantu kita untuk kembali ke soal yang belum dikerjakan. Yang menarik lainnya, walaupun sudah mengklik ‘simpan dan lanjutkan’ namun kita ingin mengubah jawaban kita maka kita bisa kembali ke soal tersebut dan merubahnya selama kita belum mengklik tombol ‘selesai ujian’.

Ingat jangan klik tombol “selesai ujian” jika anda merasa masih ada soal yang belum anda jawab, jika waktu yang tersisa masih banyak sebaiknya anda pergunakan untuk memeriksa jawaban anda kembali apakah masih ada yang salah atau tidak.

Jika semua soal sudah selesai kita kerjakan maka kita bisa mengklik tombol ‘selesai ujian’ dan akan muncul pilihan Ya atau Tidak. Kalau kita sudah yakin dengan jawaban-jawaban kita maka kita bisa memilih YA.

Ada peribahasa : “Bisa karena Terbiasa” — Begitu pula dengan Seleksi TKD IPDN ini. Jika anda terbiasa mengerjakan soal-soal dalam materi seleksi TKD IPDN tentunya pada saat tes sebenarnya anda tidak akan kaget, apalagi jika anda menemukan soal yang sangat mirip dengan yang biasa anda kerjakan. Berbanding terbalik jika peserta belum pernah mengerjakan soal-soal seperti yang akan diujikan, tentunya pada saat tes dia pasti akan kaget dan akan berpikir lebih keras dibandingan peserta lain yang telah terbiasa.

Kami akan share sekitar 50 soal yang terkait dengan 3 materi diatas.

Langsung saja klik link berikut ini untuk download soal-soal tersebut >>> Soal TKD IPDN

Soal diatas berisi materi : Soal Tes Karakteristik Pribadi, Soal Kebijakan Pemerintah, Soal Tata Negara dan Soal Pengetahuan Umum. Sebenarnya materinya tidak hanya itu saja, untuk melihat materi selengkapnya silahkan klik link berikut ini >>> SOAL TES TKD IPDN

Dapatkan Softcopy Simulasi Soal Tes IPDN 

Total 1.035 Soal + Kunci Jawaban dan Pembahasannya

Klik Disini Info Lengkapnya

top-seller

Fast Response Costumer Service

0896 3557 9184

( Telp,SMS,Whatsapp, PIN BB 55490D6B )

Author: 

Anhar Wahyu is The Founder of  Soal Tes IPDN He is also Founder of Lintas Berita and Buku TNI POLRI He started blogging in 2009 at Blog UMY. He stay at Yogyakarta, You can connect him via His Google+ account or Facebook.

No Responses

Leave a Reply